;

Rabu, 08 Februari 2012

Hati

Rabu, 08 Februari 2012

Hati adalah organ terbesar dalam tubuh kita. Beratnya sekitar 1,5 kg. Fungsinya bermacam-macam dan menjalankan lebih dari 500 proses yang berlangsung di dalam tubuh.
            Semua makanan yang dicerna, diserap dari usus kemudian dilewatkan ke hati untuk diatur jumlah yang akan didistribusikan ke seluruh tubuh. Kelebihan glukosa dan asam amino yang diubah menjadi glikogen akan disimpan di dalam hati sampai dibutuhkan lagi. Hati juga menyimpan beberapa jenis vitamin. Selain itu, peranan penting lain yang dimainkannya adalah mencuci darah, dengan membersihkan sel darah yang sudah mati dan sisa-sisa bahan lain.
            Hati menempati bagian kanan atas rongga perut, persis di bawah otot diafragma, dan memiliki dua lobus yang berbeda. Hati mengandung sel hepatosit yang berkelompok membentuk lobus hepatis, kira-kira jumlahnya 100.000.
            Darah yang mengandung sari makanan dari pencernaan, produk racun, sel darah merah yang sudah mati, dan sisa buangan, dibawa ke lobus hepatis. Di sini, sari makanan diproses sebelum dikirim ke sel-sel tubuh untuk segera dipakai atau disimpan. Banyak dari bahan sisa diubah menjadi cairan empedu yang dibawa oleh kapiler kecil ke kantung empedu untuk disimpan.
            Saat makanan meninggalkan lambung menuju ke usus duabelas jari, kantung empedu melepaskan cairan empedu melalui saluran empedu. Garam dan pigmen dalam empedu bekerja seperti detergen untuk menghancurkan lemak agar dapat diserap. Bila tidak ada cairan empedu, lemak akan dibuang bersama kotoran dan tidak digunakan oleh tubuh dengan baik


Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1835475-hati/#ixzz1lnhKwTs8


Anda Telah Membaca artikel Hati, Baca Juga Artikel Berikut

Dimaz Yudha - 2/08/2012 09:28:00 PM

1 comment

4 Maret 2022 pukul 00.18 delete

El Yucateco Casinos & Hotels - Mapyro
· 안동 출장안마 Is El Yucateco an American-style Mexican-style hot 천안 출장안마 sauce? 거제 출장샵 We have collected 포천 출장마사지 the info for 영주 출장마사지 you here and share it with

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI